SKRIPSI

Tahapan Tugas Akhir

  1.  Ide Tugas Akhir
    Menemukan ide Tugas Akhir, paling mudah dari judul-judul yang ditawarkan oleh dosen-dosen calon pembimbing. Alternatif lain mencari ide penelitian dengan membaca-baca Tugas Akhir yang pernah dibuat sebelumnya. Ide penelitian ini biasanya bisa berupa penelitian lanjutan atau berupa penelitian serupa namun dengan modifikasi obyek penelitian, metodologi atau teknologinya. Disarankan mahasiswa secara aktif mendiskusikan setiap ide penelitiannya dengan dosen-dosen yang berkompeten dibidang tersebut.

  2. Abstrak Rencana Tugas Akhir
    Sedini mungkin sejak menemukan ide penelitian mahasiswa dapat mengajukan Abstrak Rencana Tugas Akhir untuk meminta persetujuan calon dosen pembimbing atau koordinator tugas akhir.

  3. Pendaftaran Abstrak Rencana Tugas Akhir
    Mahasiswa sesegera mungkin mendaftarkan Abstrak Rencana Tugas Akhir dengan menyerahkan lembar Abstrak yang telah di ACC oleh calon dosen pembimbing atau koordinator tugas akhir, agar memperoleh paten untuk tidak digunakan oleh mahasiswa lain.

  4. Pendaftaran Administrasi Tugas Akhir
    Setelah mendaftarkan Abstrak dan mendapat Surat Penunjukkan Dosen Pembimbing Tugas Akhir mahasiswa secara resmi tercatat memulai pengerjaan Tugas Akhir. Untuk selanjutnya mendaftar Administrasi Tugas Akhir dengan syarat telah memenuhi 110 SKS dengan membawa bukti print out Transkip Nilai Akademik, Nilai IPK minimal 2.0 dan Nilai KP telah keluar.

  5. Seminar Tugas Akhir I
    Setelah melakukan pendaftaran Administrasi, mahasiswa menyelesaikan Bab I hingga Bab III (Analisis dan Perandangan) dan menyelesaikan prototype progran maka mahasiswa berhak meminta ACC kepada Dosen Pembimbing I dan Pembimbing II untuk maju Seminar Tugas Akhir. Syarat Seminar Tugas Akhir I, selain mendapatkan ACC yaitu menunjukan KRP yang menunjukan bahwa mahasiswa mengambil Tugas Akhir I,  bukti tanda tangan menghadiri minimal 3x Seminar Tugas Akhir, Surat Bebas Lab (sudah tidak mengikuti praktikum), Fotocopy KTM dan Transkip Nilai.

  6. Seminar Tugas Akhir II (Pendadaran)
    Setelah mahasiswa melaksanakan Seminar Tugas Akhir I, mahasiswa menyelesaikan koreksi dari Seminar Tugas Akhir I dan melanjutkan Bab IV hingga Bab terakhir. Mahasiswa harus secara aktif berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing. Setelah Pengerjaan Tugas Akhir II selesai mahasiswa berhak meminta ACC Dosen Pembimbing untuk melaksanakan Ujian Pendadaran. Sebelum melaksanakan pendadaran mahasiswa melakukan pendaftaran administrasi seperti sebelum melaksanakan Seminar Tugas Akhir I, namun ada tambahan berkas seperti Toefl, Transkip Nilai dengan catatan Nilai Tugas AKhir I sudah keluar, dan Menyertakan KRP yang menunjukan bahwa mahasiswa sudah mengambil/menginputkan Tugas Akhir II.

 



 

LINK TERKAIT