DETAIL BERITA

    Permanentbeta Dev Juarai Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER


    » 28 January 2019

    Bandung - Tiga mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta berhasil menjuarai Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER, di Bandung, lewat aplikasi rekomendasi bercocok tanam.
    Tergabung dalam tim Permanentbeta Dev, ketiga mahasiswa itu berhasil menyingkirkan lima belas peserta lainnya melalui aplikasi yang mereka buat dan namakan SeedPlan.
    "Jadi aplikasi yang dibuat, aplikasi yang bisa memapping tanaman yang cocok untuk (ditanam) wilayah tertentu," kata Riski Midi Wardana (19), saat ditemui di Block71, Kota Bandung

     Riski menjelaskan,ide awal pembuatan aplikasi ini adalah untuk memudahkan akses informasi bagi warga mengenai karakteristik wilayahnya. Menurutnya, aplikasi ini juga bisa sejalan dengan program pemerintah yang ingin mengembangkan desa digital. selain memberi rekomendasi, dalam aplikasi SeedPlan ini juga disiapkan tempat untuk bertransaksi. Dengan demikian, petani dan pembeli bisa langsung bertransaksi melalui aplikasi yang dibuatnya ini.

    Dia mengaku, aplikasi yang dibuatnya ini masih belum sempurna karena saat ini baru diperuntukkan buat kebutuhan lomba. Di masa depan pihaknya berharap bisa lebih mengembangkan sistem ini agar benar-benar bisa aplikatif dan dimanfaatkan oleh masyarakat. 


    Melalui kompetisi ini, para peserta ditantang untuk berinovasi menciptakan ide-ide berbasis teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan data cuaca, yang tentunya dapat dikembangkan untuk kebutuhan masyarakat.


 

KEGIATAN MAHASISWA



 

LINK TERKAIT